Wednesday, January 14, 2009

Registrasi Komponen Hello World

Dengan langkah-langkah di atas kita sudah dapat mengakses komponen yang telah kita buat, yaitu dengan cara mengetik url pada Web Browser. Akan tetapi hal ini merupakan cara yang kurang menyenangkan (tidak mudah).

Proses registrasi ini dimaksudkan agar komponen yang dibuat terdaftar di menu Components pada halaman administrator. sehingga untuk mengaksesnya hanya cukup memilih dari menu yang ada. Sebenarnya proses registrasi ini cukup mudah, hanya menginputkan data ke database pada tabel jos_components.Proses input data ke tabel jos_components ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah SQL ataupun yang termudah adalah dengan menggunakan phpMyAdmin.

Berikut ini adalah perintah SQL yang digunakan untuk mendaftarkan komponen baru.

1
2
3
4
5
6
7

INSERT INTO jos_components
(name, link, admin_menu_link, admin_menu_alt,
`option`, admin_menu_img, params)
VALUES
('Hello World','option=com_hello','option=com_hello',
'Manage Hello','com_hello',
'js/ThemeOffice/component.png','');

phpMyAdmin biasanya sudah otomatis terpasang ketika kita menginstall paket software baik itu XAMPP, WAMP dan lain sebagainya. XAMPP ataupun WAMP merupakan sebuah paket software yang didalamnya berisi Apache, MySQL, PHP dan software pendukung lainnya.

Dalam hal ini saya asumsikan Anda sudah menginstall phpMyAdmin, dan ikuti langkah-langkah berikut ini :

(1.) Bukalah phpMyAdmin dengan mengetikkan url : http://localhost/phpmyadmin/ untuk web server lokal, sedangkan untuk web server di tempat hosting biasanya sudah disediakan menu tersendiri pada halaman CPanel.

(2.) Pilih database website joomla Anda (nama database sesuai dengan pada saat menginstall joomla) dengan cara di klik pada nama databasenya kemudian klik pada nama tabel jos_components.


(3.) Klik tab Insert

(4.) Masukkan data seperti di bawah ini :

(5.) Klik tombol Go

Sekarang buka halaman administrator joomla dan lihatlah pada menu components sudah muncul komponen baru yang bernama Hello World


No comments:

Post a Comment