Wednesday, January 14, 2009

Membuat Komponen Hello World Pada Front End

CMS (Content Manajemen System) Joomla diibaratkan sebuah rumah, yang walau bagaimanapun bagusnya rumah tersebut, tetap saja membutuhkan perlengkapan didalamnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Perlengkapan dan peralatan yang dimaksud dalam tubuh joomla adalah adanya Template, Komponen, Modul dan masih ada beberapa hal lain yang menunjang kinerjanya. Saya berasumsi bahwa yang paling penting (bukan berarti yang lain tidak penting), adalah Komponen dan Modul. Dalam kesempatan ini akan dibahas bagaimana membuat komponen sendiri dengan cara yang mudah dan sederhana.

Baiklah! daripada banyak bicara, saya bahas saja sekarang dan tentunya sudah banyak diantara temen2 yang sudah pada bisa dan bahkan sudah banyak yang mahir.

Adapun langkah-langkah dalam pembuatan komponen Hello World adalah sebagai berikut :

(1.) Buatlah folder dengan nama com_hello di dalam folder nama-web-anda/components. sebagai contoh lihatlah gambar di bawah ini :

(2.) Buatlah sebuah file yang diberi nama hello.php pada folder com_hello diatas.

(3.) Ketikkan kode berikut di dalam file hello.php !


1
2
3
4
defined( '_JEXEC' ) or die( 'Restricted access' );
echo '
Hello World!
';
?>

(4.) Jika joomla diinstall di web server lokal (komputer lokal), maka untuk mengakses komponen com_hello ini gunaka url : http://localhost/nama-web-anda/index.php?option=com_hello

No comments:

Post a Comment