Friday, January 9, 2009

Menyiasati Upload File Berukuran Besar

Kendala yang sering dihadapi dalam proses upload file terutama yang berukuran besar adalah sering gagal di tengah jalan dan adapula yang menolak dengan alasan filenya terlalu besar.

Terus bagaimana dong jika sering gagal atau bahkan ditolak ?

Tenang !..., saya sudah pernah mengalami hal yang sama dan akhirnya dapat pencerahan dari para ahli blogger. Sekenarionya begini, file yang akan di upload harus di pecah terlebih dahulu menjadi beberapa bagian dan masing-masing bagian kemudian di paket menggunakan program khusus seperti winrar atau winzip dan masih banyak lagi program yang sejenis dengan itu.

Cara ini lumayan ampuh dan dijamin proses upload file akan berhasil dengan lancar.

Setelah file di paket menjadi beberapa bagian, kemudian lakukan proses upload dengan menggunakan file manager atau dengan menggunakan program FTP (File Transfer Protokol) lainnya.

Fasilitas yang digunakan untuk melakukan upload file ke server hosting biasanya sudah disertakan pula pada halaman CPanel yang disebut File Manager.

Gambar 01 File Manager


Saya sendiri lebih sering menggunakan layanan dari net2ftp.com karena berbasis web dan tanpa harus menginstall nya di komputer kita, dan yang paling penting GRATIS !

Keunggulan lain dari File Manager net2ftp.com ini adalah memiliki fasilitas untuk melakukan unzip apabila kita meng-upload file yang dipaket (zip, tar, tgz, gz).

Cara menggunakan net2ftp.com cukup mudah, hanya memasukkan beberapa parameter seperti FTP server, Username, Password dan Initial directory kedalam kotak isian yang disediakan dan beberapa hal tersebut akan kita dapatkan pada saat melakukan sewa hosting. Untuk isian Initial directory kita isi saja dengan public_html sebagai default folder tempat menyimpan semua file di server, karena hanya file yang tersimpan di public_html lah yang akan terbaca oleh browser.


Gambar 02 Input Parameter FTP

Setelah semua selesai di diisi, klik tombol login dan akan muncul halaman berikutnya seperti berikut ini.


Gambar 03 Halaman Pengelolaan File

Kemudian lakukan proses pengiriman file (upload) ke direktori public_html dengan terlebih dahulu menekan tombol Upload sehingga muncul tampilan seperti berikut :


Gambar 04 Halaman Upload File

Upload lah file dengan menekan tombol browse kemudian pilih file hasil paket/archip (zip, tar, tgz, gz). sebagai bahan pertimbangan, di halaman ini ada dua jenis pilihan upload.

(1.) Upload file tanpa extrak/unzip (tombol browse sebelah kiri)
Digunakan untuk melakukan upload file atau paket file dengan tanpa melalui proses extrak/unzip. Cara ini lebih cepat dan apabila suatu saat membutuhkan file yang sama, kita hanya tinggal meng extrak/unzip nya lagi.

Untuk dapat menggunakan file yang diupload, extrax terlebih dahulu dengan menggunakan tombol unzip pada Gambar 03 ikuti saja intruksinya sampai selesesai.

(2.) Upload file melalui proses extrak/unzip (tombol browse sebelah kanan)
Digunakan untuk melakukan upload file dengan melalui proses extrak/unzip sehingga setelah file di upload sudah tidak harus di extrax/unzip lagi. Hanya jika suatu saat membutuhkan file yang sama, kita harus melakukan upload ulang file tersebut.

Bagaimana ? Anda tertarik !...
Coba saja cara saya ini dan tidak akan lagi menemukan kendala dalam proses pengirman file ke server.

Akhirnya, saya ucapkan selamat berhosting ria deh dan tebarlah website sebanyak mungkin supaya cepet ... ! cepet apa yah ? ya cepet terkenal maksudnya.

Salam persahabatan,


Yayan Heryana, S.Kom

Contact Person :
website : www.inspirasianda.com
email : tim@inspirasianda.com
Handphone : 081 804 098 173

1 comment:

  1. Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel saya ini alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/26/online-dapat-uang-mau-2/
    terima kasih banyak.

    ReplyDelete